selamat datang di website resmi desa Sumbangtimun dibuat pada Pebruari 2020 Masyarakat Desa Sumbangtimun sadar administrasi kependudukan Warga yang mengurus/meminta surat keterangan dari desa harus membawa KTP atau KK, Terima kasih.  

CIKAL BAKAL DESA SUMBANGTIMUN

Sumbangtimun | 13 Februari 2020 10:10:53 | Berita Lokal | | 30 Kali

     Pada Tahun 1550, Ketika itu ada Priyo Gung yang bernama Mbah Kyai Sukoh, bertempat tinggal di Dukuh Karangpacar Desa Mojo. Disitu Beliau menanam timun dan berbuah sangat besar sekali. Lalu, Buah Timun tersebut dipersembahkan atau dihaturkan di Negeri Rajekwesi Kalitidu. Lalu, Negeri Rajekwesi memberi nama daerah Mbah Kyai Sukoh dengan nama Desa Sumbangtimun. jadi, Desa Sumbangtimun dulu pecahan dari Desa Mojo.

     Dan setelah itu kira-kira pada Tahun 1650 ada seorang Priyo Gung yang bernama Mbah Djoyo Potro dan Djoyo Supotro dari Pajang, Beliau berkelana lalu berhenti di Desa Sumbangtimun ini, Beliau lalu mondok di rumahnya Mbah Sukromo pelawanan Cungkup Makam Desa Sumbangtimun ini. Mbah Sukromo tadi meninggal dunia kurang lebih tahun 1898.

     Lalu, Mbah Djoyo Potro dan Mbah Djoyo Supotro tadi tinggal di rumah Mbah Sukromo sampai dengan Wafat. Dan dimakamkan di makam Desa Sumbangtimun dan dicungkup beratap alang-alang. Kemudian, Pesarean tadi mulai dari Zaman dahulu sampai dengan sekarang setiap hari Jum'at Pahing masih di Ziarohi orang. Terutama bagi orang yang punya Nadzar perihal apapun. Orang yang punya Nadzar tersebut ada yang selametan bucu, panggang Ayam, atau Kambing.

     Zaman dulu Desa Sumbangtimun ini dikelilingi oleh Bengawan Solo dan masih jadi satu dengan Desa Mojo. Tetapi sekarang sudah terpisah. Ini dikarenakan Tanah diterjang oleh bengawan Solo. (Red/ahd)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Sinergi Program

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Diponegoro no. 05 Rt 003 Rw 001 Desa Sumbangtimun Website : http://sumbangtimun-bjn.desa.id
Desa Sumbangtimun
Kecamatan Trucuk
Kabupaten Bojonegoro
Kodepos 62155
Telepon 085257569222
Email Sumbangtimun01@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung